Empek-empek Kapal Selam Makanan Khas dari Palembang


Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan tengiri atau gabus dan sagu.Daging ikan dibersihkan adri kulit dan tulang kemudian dicampur dengan tepung kanji dan bumbu. Adonan ini kemudian dibentuk seperti silinder atau bulat-bulat seperti biasa.Meskipun merupakan makanan asli daerah Palembang tetapi menjadi makanan yang sangat populer juga di Jambi karena letaknya yang berdekatan dengan Provinsi Sumatera Selatan.Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko. Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.Salah satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning.Jenis pempek yang terkenal adalah "pempek kapal selam", yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an"), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.




Bahan Biang
  • 2,5 ons tepung terigu
    1/2 liter air
    2 bua bawang putih, tumbuk agar halus
    5 sdt garam
    1/2 sdt penyedap rasa
    2 sdt gula
    4 telur ayam
Bahan Utama :
  • 6 ons ikan tenggiri, silahkan haluskan dengan cara blender ataupun tumbuk
    4 ons tepung tapioka/sagu
    telur
Cara Membuat Empek Empek Kapal Selam
  1. Cara pertama sama seperti membuat empek empek dos yaitu merebus air lalu masukkan bumbu dan tepung. Aduk-aduk sampai kental, angkat dan dinginkan.
  2. Karena memakai ikan jadi tahap 2 mencampurkan bahan biang dengan ikan giling dan telur hingga lembut dan tak tepung ada yang bergerindil.
  3. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambail diaduk atau di uleni.
  4. Bentuk (lihat gambar cara membentuk dan memasukkan telur).
  5. Didihkan air kemudian masukkan pempek yang sudah dibentuk, cukup 20 menit/sampai matang, angkat dan sudah bisa langsung digoreng.

SELAMAT MENCOBA!!!!! ^_^
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Semoga Bermanfaat
Silahkan Like , Subcribe, dan Komentarnya