Martabak Mesir



Martabak Mesir dibuat dengan cara mencampur daun bawang dalam jumlah yang banyak dengan telur dan daging sapi cincang. Campuran itu kemudian dibungkus dengan adonan tebung yang 
sangat tipis kemudian digoreng dalam minyak panas. Martabak ini dimakan dengan saus kecap encer yang dicampur cuka dengan tambahan acar timun dan cabe rawit.Martabak Mesir merupakan makanan khas Minang tetapi sangat populer di Jambi.   



Ini resep membuat martabak Mesir sederhana :

Resep Bahan Adonan Basic Kulit Martabak :
A. resep 1
-100 gr tepung terigu
-air masak secukupnya
-2 sdm telur kocok terlepas (di ambil dari telur untuk adonan isi)
-1 sdm minyak/margarine cair
-garam secukupnya
B. Resep 2
-tepung terigu protein tengah 250 gram
-margarin lebih kurang 100 gr, untuk olesan
-telur ayam 1 butir
-garam secukupnya
-air 125 ml
c. Resep 3
-tepung terigu protein tengah 300 gram
-garam secukupnya
-air 175 ml
-minyak goreng lebih kurang 300 ml
CARA MEMBUAT KULIT :
Campur tepung terigu dengan minyak/margarine cair, telur serta garam, imbuhkan air sedikit untuk sedikit sembari diuleni sampai adonan kalis. Untuk adonan jadi 2 sisi, bulatkan serta rendam dengan minyak goreng, diamkan sepanjang 1-2 jam. untuk 1 jam pertama adonan mesti terendam seluruhnya dalam minyak goreng, untuk 1 jam selanjutnya angkat adonan yang masih tetap terlumuri dengan minyak letakkan dalam wadah/mangkuk, serta tutup dengan kain/serbet.
Cara serta Bahan Isi martabak :
Bahan Isi :
-300 g daging giling
-2 batang daun bawang serta batang bawang diiris, (jika saya pakai poree, atau leek atau pure)
-6 sdm bawang bombay iris
-4 bawang putih, haluskan
-1 sachset bumbu kari pasta atau bumbu gule
-6 butir telur
-merica serta garam seperlunya.
CARA MEMBUAT ISI :
Tumis bawang bombay, bawang putih, sampai harum, masukkan bumbu gule atau kari pasta, imbuhkan merica, serta irisan dari 1 batang daun bawang serta garam. Aduk-aduk sampai daging masak serta air yang keluar dari daging giling berkurang. Angkat. Sisihkan, untuk jadi 2 sisi.
Pelengkap Kuah :
-2 sdm kecap asin
-1 sdt air asam jawa
-irisan bawang merah atau bawang bombay
-garam & gula pasir seperlunya (sesuai sama selera)
-irisan cabe rawit
-acar ketimun
-2 sdm air matang
Cara bikin Kuah :
campur smua bahan terkecuali timun. Berhubung saya mempunyai bekas kuah pempek jadi saya pakai bumbu pempek serta saya lebih kecap, cabe rawit serta bawang bombay.
Penyeleseian :
Ambillah 1 sisi adonan kulit, pipihkan dengan telapak tangan bawah jempol arah melingkar hingga agak melebar, lalu pegang ke-2 ujung adonan, putar dari segi kiri kekanan kembali di tempat awal mulanya berkali-kali hingga adonan jadi tidak tebal (dapat pula dengan digilas-gilas).
Ambillah mangkuk, isi dengan 1 buah telur kocok, daging giling, irisan 2 batang daun bawang, irisan bawang bombay, garam, merica. Aduk-aduk.
Panaskan minyak di wajan ceper yang agak besar, masukkan adonan kulit yang telah ditipiskan. Isi sisi tengahnya dengan adonan dalam mangkuk tadi, lipat sisi tepi kulit kearah tengah, sampai tertutup rapat, goreng hingga masak. Angkat. Hidangkan pada saat panas/hangat dengan kuahnya.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Semoga Bermanfaat
Silahkan Like , Subcribe, dan Komentarnya