Pendap Makanan Khas Bengkulu


Pendap merupakan salah satu makanan khas yang dikenal hampir sebagian besar masyarakat tiap kabupaten di Provinsi Bengkulu, apalagi jenis makanan ini pernah menjadi tema salah satu lagu yang dirilis dalam album lagu daerah Bengkulu sekitar tahun 1990-an. Menurut pengusaha pendap di Kelurahan Pasar Bengkulu, Fatmawati yang dikutip dalam Kompasiana.com, pendap terbuat dari bumbu-bumbu yang beraneka ragam, seperti bawang putih, kencur, dan cabai giling. Kemudian, bahan-bahan itu dicampur merata dengan parutan kelapa muda. Bumbu yang bercampur dengan parutan kelapa muda selanjutnya dibungkus daun talas, dimasukkan sepotong ikan, lalu direbus selama 8 jam. Dengan racikan bumbu dan bahan tersebut akhirnya pendap memiliki rasa pedas dan gurih, sehingga sangat pas untuk lauk makan nasi yang bisa meningkatkan selera makan seseorang.




Bahan-bahan dasar membuat (membikin) masakan pendap spesial :


- Ikan kembung 5 ekor, bersihkan

- Santan 300 ml

- Kelapa parut 100 gram, sangrai

- Daun seledri 1 batang, iris

- Daun bawang 2 batang, iris

- Daun mangkukan 4 lembar, iris

- Asam kandis 3 buah

- Lengkuas 2 cm, memarkan

- Serai 1 batang, memarkan

- Merica bubuk ¼ sendok teh

- Minyak goreng

- Daun pisang

Bumbu-bumbu yang dihaluskan utk membuat (membikin) masakan pendap special :


• Cabe merah 7 buah

• Bawang merah 7 buah

• Bawang putih 3 siung

• Kemiri 4 buah, sangrai

• Kunyit 2 cm

• Jahe 2 cm

• Gula pasir ¼ sendok teh

• Garam 1 sendok teh

Cara membuat / mengolah masakan pendap spesial :


1. terlebih dahulu daun mangkukan diremas-remas bersama garam. Dicuci bersih. Tiriskan.

2. campurkan ikan kembung dengan setengah bumbu halus, lalu dibungkus. Kukus selama 30 menit hingga matang. angkat. buka pembungkusnya, letakkan diatas wadah atau piring. Sisihkan.

3. tumis sisa bumbu halus dalam minyak panas sampai beraroma wangi. Tambahkan daun seledri, daun bawang, asam kandis, daun mangkukan, serai serta lengkuas. Aduk rata.

4. masukkan kelapa parut, merica bubuk dan tuangkan santannya. Dimasak hingga matang dan mengental sambil sesekali diaduk aduk. angkat. siramkan ke atas ikan kembung tadi.

5. pendap khas Bengkulu siap dihidangkan.

Demikianlah tips resep masakan indonesia dari kami tentang bagaimana cara memasak (mengolah) dan membuat (membikin) masakan sederhana yaitu pendap spesial (istimewa) khas Bengkulu yang enak, gurih, sedap, nikmat dan lezat. Mudah mudahan tulisan singkat ini bisa menambah perbendaharaan wawasan kuliner (resep masakan) bagi anda. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Semoga Bermanfaat
Silahkan Like , Subcribe, dan Komentarnya